Kamis, 10 Desember 2009

Think Act Change 2007

Think-Act-Change Awarding Night
2007-11-09 13:58

Anak muda adalah penggerak bangsa. Gak mungkin dong anak muda nunggu disuapin terus sama orang tua atau pemimpin mereka. Akan tiba saatnya anak muda mengambil alih kendali, mau dibawa kemana negeri dan dunia ini? Nah, makanya mulailah berpikir dan beraksi untuk membuat perubahan!

Pandangan itulah yang mendasari Think Act Change, kompetisi film dokmenter yang diselenggarakan oleh The Body Shop dan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Kompetisi yang terbagi dalam kategori SMU dan Amatir ini mengangkat tema HIV-AIDS, Global Warming, dan Domestic Violence. Hebatnya, kompetisi film dokumenter ini merupakan pertama kalinya diadakan oleh The Body Shop manapun! Jadi The Body Shop Indonesia juga bikin terobosan baru di antara The Body Shop lain di seluruh Indonesia lho…

Setelah melalui proses pra-workshop dan workshop Penulisan Ide Cerita, akhirnya terpilihlah 5 kelompok siswa SMU untuk mengikuti workshop Produksi Film. Yup! Para peserta SMU emang dibimbing dalam proses pembuatan film dokumenter ini. Sementara peserta kategori Amatir dipilih dalam proses seleksi. Ada 5 film dari kategori SMU dan 6 film dari kategori Amatir yang menjadi finalis. Mereka terpilih dari 43 film (13 kategori SMU dan 30 kategori amatir).

Kamis, 8 November 2007, tibalah akhir dari Think Act Change, A Documentary Film Competition: Awarding Night Think-Act Change. Acara yang digelar di Blitz Megaplex ini dihadiri oleh wartawan, para nominator, juri, serta tamu-tamu undangan. Di Awarding Night ini diumumkan pemenang dari masing-masing kategori dan tema. Pemenang ditentukan oleh juri yang terdiri dari Abduh Aziz (Ketua Bidang Program DKJ), Riri Riza (Sutradara), Alex Sihar (Sutradara), Nicholas Saputra (Aktor), Myra Diarsi (Aktivis Perempuan, Baby Jim Aditya (Aktivis HIV-AIDS), dan Ukke R. Kosasih (Values and Customer Loyalty The Body Shop Indonesia). Sementara untuk kategori film favorit, pemenang ditentukan oleh film yang paling banyak dipilih penonton pada screening yang digelar di Blitz Megaplex dan Taman Ismail Marzuki.

Selain pengumuman pemenang, acara malam itu juga dimeriahkan oleh penampilan Float, Glenn Fredly, dan Project Pop. Beberapa undangan seperti Happy Salma, Rieke Dyah Pitaloka, Ujo Project Pop, dan Sita juga berperan sebagai presenter. Sementara Gery (FeMale Radio) dan Cici Panda (Prambors) berperan jadi MC.

Tibalah saat yang ditunggu-tunggu: pengumuman pemenang! Dan nominasi dan pemenang Kompetisi Film Dokumenter Think Act Change adalah:

KATEGORI SMU:
Tema Global Warming:
Utopia karya Joan Kartini Rossi, Amalia Sekartaji, dan M. Rezky Afriza (SMUN 8) – pemenang
Green Religion karya Adi Putra & Ade Kurniadhi (Kolese Kanisius)

Tema Domestic Violence:
Selimut Dalam Kolong karya Nyssa Nathania, Sasri Mulyani, & Alexander Zulfikar (SMUN 4) – pemenang

Tema HIV-AIDS:
Sarung Petarung karya Jason Iskandar & M. Aidartha Kusuma (Kolese Kanisius) – pemenang
6 Detik Lagi karya Ardita Andriani, Sartika Ayu, dan Reza Fatullah (SMU 53)

KATEGORI AMATIR:
Tema Global Warming:
Kereta Angin Sahabat Bumi karya M. Iskandar Tri Gunawan - pemenang
Di Ujung Kehancuran karya Insan Indah Pribadi

Tema Domestic Violence:
Anakku Semangatku karya Andreuw Parinussa

Tema HIV-AIDS:
Janji Jabrik, Lampu Merah Tikungan Jalan karya Sujanti Janukepa – pemenang
Kartini Bernyawa 9 karya Ucu Agustin
Jinal karya Nicolaus Lini

Film Favorit: Sarung Petarung

Film Terbaik: Sarung Petarung

Emang ada kejutan malam itu ketika juri mengumumkan bahwa tidak ada pemenang di kategori umum bertema Domestic Violence, karena beberapa alasan. Tapi kejutan lain datang dari Sarung Petarung yang jadi bintang malam itu. Trio Kolese Kanisius itu sukses jadi juara di 3 kategori, yaitu di Kategori SMU bertema HIV-AIDS, serta kategori Film Favorit dan Film Terbaik. Wah, bukti bahwa anak muda emang mampu berkreasi, mengeksresikan diri, dan pastinya melakukan perubahan!

Tuh kan…anak muda bisa membuat perubahan kok. Yang dibutuhkan cuma kemauan untuk belajar, kerja keras, dan pastinya aksi! Jadi mulailah berpikir dan beraksi untuk melakukan perubahan. Think Act Change! O iya, kalau pengen tau lebih banyak tentang Think Act Change dan para pemenang, klik aja www.thebodyshop-film.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar