Kamis, 10 Desember 2009

Resensi Film - The Queen

Sutradara ; Stephen Frears
Cast : Hellen mirren
Michael sheen
James Cromwell
Helen Mcrory
Alex Jennings
Roger Allam
Sylvia Syms
Didistribusikan oleh : 20th Century foxx
Miramax

RESENSI
Film yang diluncurkan hampir setelah satu decade setelah kematian Putri Diana berkisah tentang keadaan dan reaksi kerajaan Inggris setelah insiden kematian Diana. Film ini menitikberatkan akan kebudayaan monarki dari kerajaan Inggris yang sangat protokoler dan bagaimana reaksi sang Ratu Elizabeth II menanggapi kematian dari Diana.
Film ini berawal pada keadaan tahun 1997 saat pemilihan perdana menteri baru di Inggris yang akhirnya memilih Tony Blair ( Michael Sheen ) sebagai perdana menteri baru yang sudah berlangsung selama 18 tahun. Dan bagaimana reaksi sang ratu Elizabeth menanggapi atas pemilihan perdana menteri yang baru itu. Sang ratu (Hellen Mirren ) menyatakan bahwa ia memilih untuk tidak mendukung siapa – siapa dalam pemilihan Perdana menteri tersebut. Sang Ratu secara implisit mengatakan bahwa Tony Blair akan sengaja memodernisasi Inggris dan kerajaan Inggrispun akan terkena imbasnya.
Kemudian Tony Blairpun membalas pernyataaan sang Ratu dengan mengatakan bahwa ia akan menghargai kemerdekaan dari kerajaan Inggris dan keluarga kerajaan. Saat Tony Blair mengunjungi kerajaan Inggris para pemburu beritapun mengabarkan bahwa sang Ratu menolak untuk bertemu dengan Tony Blair. Setelah tiga bulan berlalu, insiden Dianapun terjadi dengan kematiannya karena kecelakaan mobil yang tragis. Juru bicara dari Tony Blair, Alastair Campbell ( Mark Bazeley ) langung mengeluarkan pernyataan kalau Diana adalah “sang putrid rakyat”. Keesokkan paginyapun Tony Blair juga mengeluarkan pernyataan sama dengan apa yang dikatakan juru bicaranya. Setelah beberapa haripun berlalu karena merasa kalau rakyat didukung untuk menghargai Diana sebagai putri rakyat dan rakyatpun bereaksi berbondong – bondong mengunjungi istana Buckhingham dan istana Kensington utnuk memberikan bunga – bunga dan ucapan – ucapan dukacita. Disaat yang sama, keluarga kerajaan masih dalam perjalanan berlibur ke istana Batmoral, istana milik sang ratu di Aberdeenshire,Skotlandia.
Kabar kematian Dianapun menyebar dengan cepat, hingga sampai di telinga para
Majelis – majelis kerajaan. Sang Ratupun segera bereaksi dan mengeluarkan pernyataan bahwa, Diana bukan anggota kerajaan Inggris lagi sejak Diana bercerai dengan pangeran Charles (Charles Jennings ) setahun yang lalu . dan sang ratupun menyatakan bahwa Diana tidak pantas unuk menerima penghormatan terakhir dari keluarga kerajaan…..
Apa yang akan terjadi dengan sang ratu setelah ia mengatakan hal tersebut ?
Silahkan menonton The Queen di DVD anda…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar